Penggemar Boba Jalani Operasi Pengangkatan 300 Batu Ginjal

Penggemar Boba Jalani Operasi Pengangkatan 300 Batu Ginjal

Baru-baru ini viral di media sosial perihal seorang pasien di rmah sakit Taiwan yang harus dioperasi lantaran terdapat 300 batu ginjal dalam tubuhnya. Menurut pihak rumah sakit, yakni Pusat Medis Chi Mei, pasien tersebut adalah penggemar bubble tea atau minuman boba bernama Xiao-yu.

Minggu lalu, Xiao-yu dirawat di rumah sakit di kota Tainan, dengan keluhan demam dan nyeri parah di punggung bagian bawahnya, menurut sebuah artikel di situs rumah sakit pada bulan Desember mengutip The Straits Times.

Xiaou-yu pun menjalani pemeriksaan dengan pemindaian ultrasonografi. Dengan pemeriksaan tersebut, dokter di unit gawat darurat menemukan bahwa ginjal kanan perempuan itu bengkak berisi cairan dan terdapat batu ginjal di dalamnya.

Pemindaian tomografi komputer menunjukkan bahwa batu tersebut berukuran sekitar 5 mm hingga 2 cm, dan tes darahnya menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Pihak rumah sakit mengatakan, dokter memberinya antibiotik, mengeluarkan cairan dari ginjalnya dan melakukan operasi invasif minimal untuk menghilangkan lebih dari 300 batu ginjal yang tampak seperti bola-bola kecil. Beruntung, kondisi pasien stabil setelah menjalani operasi. Lalu, dia dipulangkan setelah beberapa hari observasi.

Ahli Urologi yang melakukan operasi tersebut, Dr Lim Chye-yang mengatakan jika terdapat 9,5 persen orang di Taiwan yang terkena batu ginjal seumur hidup mereka. Menurut Dokter, pasien yang baru saja menjalani operasi disebut lebih gemar mengonsumsi boba dibandingkan dengan air mineral.

Laporan juga mengatakan bahwa Xiao-yu tidak suka minum air dan malah sering minum bubble tea atau boba. Penyebab batu ginjal lainnya antara lain faktor genetik, penyakit kronis, serta pola makan tinggi kalsium dan protein.

(Dnd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *