Indahnya Toleransi! Masjid Istiqlal Sediakan Parkir untuk Kendaraan Jemaat Misa Katedral Jakarta

Indahnya Toleransi! Masjid Istiqlal Sediakan Parkir untuk Kendaraan Jemaat Misa Katedral Jakarta

Malam Misa Natal yang jatuh pada mala mini (24/12/2023) tentu akan mengundang banyak jemaat gereja yang akan melaksanakan misa. Salah satu gereja yang akan dipadati adalah gereja Katedral. Panitia perayaan Natal Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga atau Katedral Jakarta mengimbau para jemaat untuk sebisa mungkin datang tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada saat pelaksanaan misa pada Minggu (24/12/2023) dan Senin (25/12/2023) mendatang.

Bagi jemaat yang berencana membawa kendaraan pribadi, pihak Keuskupan Agung Jakarta telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah pengurus dan pengelola Masjid Istiqlal, yang telah menyediakan kantong parkir di bagian rubanah (basement).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Imam Besar Masjid Istiqlal beserta jajarannya, karena begitu sangat mendukung. Kami didukung titik-titik parkir salah satunya (dalam area) Masjid Istiqlal di basement yang dapat menampung sekitar 700 sampai 800 (kendaraan),” ujar Humas Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Susyana Suwadie pada Sabtu (23/12/2023).

Susyana menyebut pihak KAJ sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan serta satuan pemerintah daerah untuk melakukan pengamanan di wilayah luar gereja. Ia menyebut unsur yang terlibat dalam pengamanan nanti antara lain dari Polri, TNI, Dishub Jakarta Pusat, juga Satpol PP.

Terdapat juga sejumlah elemen ormas dan lembaga lain yang siap membantu kelancaran acara ibadah perayaan Natal di Gereja Katedral nanti. Susyana menyebut pembahasan pengamanan sudah dilakukan oleh para pemangku kepentingan terkait sejak pekan lalu.

“Seminggu yang lalu sudah dilakukan pertemuan kami bersama dengan aparat TNI dan Polri. Jadi ada rapat koordinasi di tingkat Kecamatan Sawah Besar dengan Kapolsek dan jajaran ada juga perwakilan Polres Jakarta Pusat, Dishub Jakarta Pusat, Satpol PP, dan Kecamatan,” ucapnya.

Meski begitu sampai Sabtu (23/12/2023) siang, Susyana belum dapat memastikan jumlah personel dari TNI/Polri yang akan diterjunkan pada akhir pekan Natal nanti. Namun, ia telah mendapat pemberitahuan mengenai agenda pengamanan tambahan berupa penyisiran ancaman dari unit Gegana Mabes Polri.

(Dnd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *